28-5-09 KPUD PURWAKARTA ADAKAN PEMBEKALAN DAN REGISTRASI CALEG TERPILIH

28-5-09 KPU Purwakarta Adakan Pembekalan dan Regestrasi Caleg Terpilih

Purwakarta-Komisi Pemilhan Umum (KPU) Purwakarta telah mengundang dan melakukan rapat koordinasi bersama calon anggota terpilih DPRD Purwakarta priode Tahun 2009-2014 diruang Aula KPU purwakarta dijalan Flamboyan No 60, pada rabu (27/5). acara ini dilaksakan berdasarkan tahapan Pemilu yang diatur dalam peraturan KPU No 15 tahun 2009.

Agenda acara Regestrasi calon anggota DPRD Purwakarta terpilih 2009, sekaligus membahas pembekalan dan pendataan calon terpilih. sebanyak dari 45 undangan hadir dalam acara tersebut sementara dari unsur KPU Purwakarta, dihadiri oleh ketua Ir Dadan Komarul Ramdan, MT dan 3 anggota lainnya yaitu Asep Fakar, SH, Ir. Yanto Sugianto dan R.M.A Ahmad Said Widodo, AG. Selanjutnya dari unsur Seketariat dihadiri Kasubag teknis Drs. Karlan S.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Purwakarta Ir Dadan Komarul Ramdan, MT mengatakan hal ini dilakukan sebagai rangkaian tahapan Pileg tahun 2009 menjelang proses pelantikan. Anggota terpilih diwajiblkan melengkapi regestrasi (Daftar ulang) untuk melengkapi data yang telah ada di seketariatan KPU purwakarta, sehingga kekuatan Hukum terhadap calon terpilih hingga pelantikan akan sepenuhnya menjadi kewenangan pengawalan oleh KPU Purwakarta,”terangnya.

Apablila dikemudian hari terjadi fiksi yang mungkin terjadi pada pasca pelantikan, tambah Dadan itu tidak lagi menjadi wewenang KPU Purwakarta melainkan sudah menjadi kewenangan dan urusan rumah tangga DPRD Purwakarta, artinya apabila semua data telah dilengkapi oleh para Caleg terpilih sebagai persyaratan akan diserahkan ke rumah tangga Seketarian Dewan (Sekwan) DPRD Purwakarta. Termasuk menyangkut Surat Keputusan (SK) para Caleg semua menjadi kewenangan di Sekwan, melalui pengawalan KPU purwakarta, “paparnya.

Sementara itu salah seorang Calon Anggota DPRD Purwakarta, yang juga sekarang masih menjabat Anggota DPRD Priode 2004-2009, Ucok Ujang Wardi, SH dari Partai Golkar memohon kepada KPU Purwakarta untuk mempertimbangkan friksi yang timbul dikemudian hari apabila adanya bentrok masa jabatan akhirnya menimbulkan pula bentrok kewenangan.
Terlebih tambah Ucok mayoritas calon terpilih adalah para wajah baru, dimana secara psikologis akan mempengaruhi pula kinerja anggota DPRD yang sedang menjabat sekarang dan tidak menjadi calon terpilih, sedangkan sekarang nuansa politis yang begitu kental diantara calon terpilih dan anggota DPRD yang sedang menjabat. Dikhawatirlkan memicu friksi terutama pada masa transisi. untuk itu pihak terkait pun dapat berperan mencairkan suasana yang kini sedang terjadi, ”katanya.

Selanjutnya dalam rapat tersebut juga menyikapi diluar dari Agenda di KPU purwakarta, adanya permintaan dari kalangan masyarakat agar KPU Purwakarta memfasilitasi pensosialisasian para caleg terpilih hasil pemilu 2009. Menurut Drs. Thoha Maksun asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sosialisasi calon terpilih dirasa sudah tidak terlalu penting menginagat Media Massa telah gencar melakukan hal tersebut. terlebih tidak adanya tahapan tersebut sebagai kewajiban dari pelaksanaan kegiatan di KPU Purwakarta ditambah lagi KPU sedang berfokus menjalankan tahapan pelaksaan pilres 2009,”terangnya..

”Sebenarnnya masa 5 tahun adalah masa yang cukup bagi elemen masyarakat untuk mengenal dengan baik, siapa saja calon anggota DPRD purwakarta yang terpilih sekarang, bahkan lebih jauh dari sekedar mengenal nantinya,” tambah Thoha

Senada dengan hal itu Ucok Ujang Wardi menambahkan, jika dirasakan perlu maka alangkah bijaksanaya apabila KPU Purwakarta yang dapat melaksanakan kegiatan tersebut, karena lebih Representatif. “Kami sangat setuju dan sah-sah saja misalnya KPU mengumpulkan elemen masyarakat dan menghadirkan calon terpilih yang dimaksud,” katanya. (Syaiful jabrig /beda news)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8