DANA PERGULIRAN TELAH DISALURKAN

Purwakarta -Dana sepuluh persen Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan yang tertunda Tahun 2008 lalu di Kabupaten Purwakarta, Senin pekan lalu dicairkan untuk disalurkan kepada penerima manfaat.
“pencairan kali ini selain dana perguliran tahap awal di Tahun 2009 juga dilakukan pencairan dana sepuluh persen yang tertunda Tahun 2008 kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Purwakarta di Kecamatan Darangdan” terang anggota Tim Koordinasi (TK) PNPM Mandiri Perdesaan, Suryana saat memberikan sambutannya di Desa Nangewer Kecamatan Darangdan, Senin pekan lalu.
Dana ini tentunya sangat ditunggu-tunggu masyarakat, lanjutnya, karena pada Tahun 2008 lalu mereka ini harus tertunda dulu akibat adanya kebijakan Pemerintah Pusat, namun demikian kami dari TK PNPM Mandiri Perdesaan mengharapkan dana ini dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga dapat bermanfaat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “bagi mereka yang telah mendapatkan bantuan ini diharapkan dalam pengembaliannya harus diperhatikan karena ini akan berpengaruh kepada dirinya sendiri dalam menerima manfaat pada tahap selanjutnya” harap Suryana.
Biasanya bagi mereka yang meminjam, lanjut Suryana, sadar saat meminjam dan tidak sadar dalam pengembalian. “sebagaimana dalam keterangan hadits barang siapa yang menunda-nunda hutang sementara dirinya mampu maka setiap hari bertambah satu dosa baginya” jelas Suryana.
“jadi jelas agama pun telah menerangkan dengan begitu jelas untuk mengatur dan memberikan sangsi bagi mereka yang berhutang, sehingga dalam melakukan sesuatu kita harus peduli dengan orang lain, karena pada dasarnya dalam PNPM ini adanya kepedulian dengan orang lain karena masih banyak mereka yang lebih membutuhkan. Dengan lancarnya dalam pengembalian ini berarti telah peduli terhadap orang lain” Jelasnya gamblang.
Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Darangdan, Naning Sariningsih SH mengungkapkan, di Kecamatan Darangdan sebanyak lima desa yang mengalami penundaan sepuluh persen diantaranya Desa Nangewer, Sawit, Neglasari, Linggasari, dan Desa Depok. “untuk kelima desa ini selama tiga hari akan selesai pencairan kepada penerima manfaat, dan diawali di Desa Nangewer ini” jelas Naning.
Setelah menerima manfaat ini, lanjut Naning, kami mengharapkan dana ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan yang dikoordinir masing-masing kelompok. “pengembalian masyarakat dalam bidang SPP rata-rata mencapai 86 persen. Dan dana yang digulirkan kepada masyarakat di Kecamatan Darangdan Tahun 2009 ini untuk perguliran tahap pertama Rp. 27 juta dan dana penundaan sepuluh persen Rp. 42 juta. Ini diberikan untuk tujuh kelompok penerima manfaat” terang Naning.
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Tahun 2009 di Kabupaten Purwakarta dialokasikan dana mencapai Rp. 19,4 Milyar dengan cosharing dari Pemda Purwakarta sebesar Rp. 3,8 Milyar. Dana tersebut dialokasikan untuk 13 kecamatan yang sebelumnya hanya 8 kecamatan dari 17 kecamatan yang ada. Dan untuk Kabupaten Purwakarta sebagian kalangan menilai kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan ini meningkat sehingga terlihat dengan adanya penambahan kecamatan sebagai penerima manfaat. (as).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8