MANIIS GULIRKAN DANA PENUNDAAN 10 PERSEN


Purwakarta - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Perdesaan mengalami penundaan dana perguliran anggota Simpan Pinjam Perempuan (SPP) sepuluh persen di Tahun 2008, akhirnya seluruh UPK se-Kabupaten Purwakarta menyalurkannya kepada masing-masing kelompok SPP. Salahsatunya di Desa Tegal Datar Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta yang mengalami penundaan sebesar Rp. 30 juta rupiah, diserahkan melalui Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Maniis, Rabu pekan lalu.
“Kecamatan Maniis mengalami penundaan sebesar sepuluh persen dengan total Rp. 100 juta rupiah. Ini merupakan kebijakan Pemerintahan Pusat yang ditunda penyalurannya pada Tahun 2008 lalu” terang Suryana Anggota Satuan Kerja (Satker) PNPM Mandiri Perdesaan.
Kepada anggota kelompok yang menerima bantuan untuk memanfaatkannya sebaik-baiknya. “jangan merasa diberi bantuan ini merupakan hibah tetapi harus memiliki rasa kesadaran bahwa bantuan ini untuk meningkatkan kesejahteraan, selain itu juga harus menyadari bahwa diberi bantuan ini juga memiliki kewajibannya dimana saudara yang ada disekitarnya pun sama harus meningkat kesejahteraannya. Dengan demikian kesadarannya dalam mengembalikan berarti telah perduli kepada sesamanya” jelas Suryana.
Kasi Ekonomi Kecamatan Maniis, Asep Rahman SH mengungkapkan, kepada anggota kelompok yang telah menerima bantuan diharapkan dapat mengembalikan kewajibannya tepat waktu. “jangan menunggu ditagih oleh ketua kelompok tetapi memiliki kesadaran sendiri dengan menyerahkan sejumlah kewajiban tepat pada waktunya, dan yang paling penting jangan membuat masalah karena imbasnya kepada anggota kelompok lainnya yang ada di Kecamatan Maniis” harap Asep.
Ketua UPK Kecamatan Maniis, Anah mengharapkan kepada pengurus kelompok yaitu Ketua sekretaris dan bendahara harus memahami apa yang yang menjadi tanggungjawabnya sehingga kinerja dilapangan akan terjalin dengan baik. “setiap kelompok diberikan buku bimbingan dan diharapkan apabila ada yang memeriksa tolong untuk diberikan dengan meminta saran dan pendapat setelah tim baik dari UPK, Kecamatan maupun dari Dinas memeriksa kelompok bersangkutan” harap Anah.
Kecamatan Maniis merupakan salahsatu kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta yang letak geografisnya cukup jauh dari Ibu Kota Kabupaten, namun demikian dengan adanya PNPM Mandiri Perdesaan, baik dibangunnya sarana infrastruktur maupun usaha ekonomi dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada sehingga dapat meningkatkan tarap kesejahteraan masyarakat. (as).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8