10-6-09 PEMUTAKHIRAN DATA KELUARGA MISKIN


From : http//www.pwipwk.blogspot.com

Disgukcatpil Akan Lakukan pemutakhiran Data Keluarga Miskin

PURWAKARTA-Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcatpil) Purwakarta. Setelah fokus pada pemutahiran daftar pemilih potensial (DPT) selanjutnya akan melakukan pemutakhiran data keluarga miskin untuk program pemberdayaan kartu multiguna (BLT, PKH, SKTM, Jamkesmas). Sejauh ini persiapan kearah itu terus dilakukan oleh pihak Disdukcatpil.

“Sejak kemarin Perencanaan sudah kita lakukan Insya Allah setelah pilpres kita akan lakukan pemutahiran. Saat ini, data dari badan pusat statistik (BPS) sudah kita terima tinggal melakukan validasi kelapangan oleh tim dari kabupaten, kecamatan dan desa, ”kata Kadis Disdukcatpil Purwakarta Agus R Suherlan, Selasa (9/6) kepada wartawan.

Menurut Kadis, acuan kategori gakin yang bakal diluncurkan untuk pemutahiran data itu akan mengacu pada rekomendasi yang dikeluarkan BPS. Pemutahiran itu, kata dia, selanjutnya akan dijadikan versi gakin daerah untuk pemberdayaan kartu multiguna. "Pemutahiran itu selanjutnya akan diterbitkan kedalam data gakin daerah, sedangkan dari pihak BPS akan diterbitkan ke pusat.Sementara ini hal itu masih dalam proses. Koordinasi dengan BPS dan Dinas KB (penyeleggara/pendata sebelumnya) masih terus dilakukan. Mungkin sesudah pemilu atau sekitar bulan Agustus pendataan baru akan kita kerjakan,”jelas Agus.

Menyoal program sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) yang diterapkan Pemkab Purwakarta, agus menambahkan bila hal itu masih terkendala dengan pengembangan jaringan. Hingga kini, lanjut dia, program pelayanan administrasi itu belum terhubung (offline) dengan pemerintah pusat dikarenakan belum dilaksanakan secara menyeluruh di setiap kecamatan.

"Sambil mempersiapkan perkembangan jaringan menyeluruh, kami masih memberikan data administrasi secara reguler melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan sistem manual. Sedangkan pelayanan administrasi, masih disentralkan di Kantor Disdukcapil serta di dua kecamatan, yakni Kecamatan Purwakarta dan Bungursari,"ujarnya.

meski demikian, Agus menjelaskan, program SIAK seyogyanya tidak terkendala pasti. Secara teknis, ucapnya lagi, karena program ini juga berkaitan dengan pemerintah pusat dan Setda Purwakarta melalui bagian hubungan antar lembaga, maka kesiapan jaringan serta pengadaannya diserahkan kepada lembaga terkait tersebut. (Laela)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8