11-6-09 MARANGGI KHAS PLERED

From : http//www.pwipwk.blogspot.com

Sate Maranggi Khas Plered
Tujuan Wisata kuliner di Purwakarta


Sate Maranggi. salah satu dari makanan khas asli Purwakarta, Jawa Barat. makanan sejenis sate ini selain lezat dan empuk karena dagingnya, juga dikenal dengan bumbunya yang beraroma menggoda. bagi para pemburu makanan serta pencinta kuliner, bisa mendapatkan makanan ini di sepanjang Jalan Raya Purwakarta menuju Bandung, tepatnya di daerah Plered. serta pada warung-warung yang menawarkan sate maranggi berdiri berjejer di pinggiran jalan yang ada di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Umumnya sate maranggi ini menggunakan daging sapi atau kambing. namun, yang membuatnya berbeda dengan sate pada umumnya adalah pada bumbu yang melumuri daging tersebut sebelum disantap. bumbu tersebut berupa campuran garam dan gula merah. setelah daging dan bumbu dicampur, barulah sate maranggi lalu dibakar Tidak beda dengan sate lainnya, olahan masakan masih menggunakan tusuk kayu dan arang sebagai pembakar. biasanya, sate disantap dengan bumbu kacang yang diolah khas atau kecap dicampur irisan bawang dan cabe. meski kesannya sederhana, rasanya tidak terlupakan.
Seporsi sate maranggi yang terdiri dari 10 tusuk dijual seharga Rp 8.000,- sedangkan teman makan sate seperti sebungkus nasi timbel dijual seharga Rp.2000, lalu ketan bakar seharga Rp.1500 kemudian semangkuk sayur sop kambing yang ditawarkan seharga Rp.6000,-

“ Wah, rasanya beda dengan sate lain yang perna saya jumpai, sate ini lebih gurih dan empuk,”ujar Asep kobel (22) ketika menikmati Sate Plered dikedai sate Mang Ujang disekitar lingkungan Stasiun Plered.

Lain hal dengan Kiki (35) warga Bandung, mengaku, Sejak dari dahulu kalau mau pulang ke bandung dirinya menyiapkan waktu untuk mampir dan makan disana,”Ucapnya sambil acungkan jempol.

Sejak dahulu, makanan Sate Plered banyak didapat disekitar jalur Purwakarta-Bandung. Di jalur itu kedai para penjual sate tampak berdiri berjejer menawarkan dagangannya. Biasanya, kedai pedagang akan buka sekitar pagi hari dan tutup menjelang tengah malam. Dan saat akhir pekan kedai sate akan banyak disambangi pencinta sate. "Para pembeli biasanya akan ramai pada akhir pekan atau hari libur, bila sedang ramai kita bisa tutup lebih awal,”kata Mang Ujang.

Jadi, bagi anda yang ingin merasakan tantangan baru soal makanan, menu khas sate maranggi plered bisa jadi pilihan. Selain harganya terjangkau makanan ini pun tak sulit didapat. Silakan coba kenikmatan rasanya!.(Laela)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8