12-6-09 PERGULIRAN DI KECAMATAN DARANGDAN


From : http//www.pwipwk.blogspot.comUPK Darangdan
Kamis, 12 Juni 2009

Laksanakan MAD Sosialisasi dan Perguliran
Ketrangan Foto : Kabid PM BKBPIA Purwakarta Drs Asep Suparman memberikan arahan kepada forum pada MAD Sosialisasi dan Perguliran Kecamatan Darangdan Kab. Purwakarta yang diikuti 15 desa yang ada. Agus/Madina).

(Purwakarta, MADINA) : Dalam mengawali dana perguliran Tahun 2009 Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta melakukan Musyawarah Antar Desa (MAD) Sosialisasi dan Perguliran kepada 15 Desa yang ada di Kecamatan Darangdan, Rabu pekan lalu.

”diharapkan dalam penyaluran dana perguliran ini verifikasi harus lebih diperhatikan jangan sampai yang mendapatkan bantuan doubleunslag. Dalam artian mereka mendapatkan bantuan selain dari dana perguliran PNPM. Sehingga pinjam kesana kemari namun dalam pengembalian terjadi kemacetan itu yang tidak kami harapkan” terang Drs Asep Suparman, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Ibu dan Anak (BKBPIA) Kabupaten Purwakarta dalam arahannya.

Sementara untuk kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan di Kabupaten Purwakarta, lanjut Asep, seharusnya sampai saat ini harus sudah melaksanakan Loka Karya dan MAD II. ”karena akibat terkendala aturan, sehingga kita mengikuti agenda dari propinsi” jelas Asep.

Lebih jauh Asep berharap, agar program ini betul-betul dimonitoring, baik dari tingkat kecamatan sampai desa. Kalau ada masalah harus cepat ditanggulangi jangan dibiarkan berlarut tetapi diselesaikan sampai tuntas karena kita akan rugi. ”sukses atau tidaknya PNPM ini tergantung pengurus itu sendiri” jelas Asep.
”kami mengharapkan program ini dimasukan secara real oleh Kepala Desa, utamakan yang prioritas sehingga rasional dalam pelaksanaannya. Singkronkan antara PNPM Mandiri Perdesaan dengan program Pemda Purwakarta melalui 9 langkah Nagri Raharja” harap Asep.

MAD Sosialisasai dan Perguliran di Kecamatan Darangdan ini diikuti 15 desa yang ada. ”MAD Sosialisasi ini tujuannya untuk pembentukan KPD dan TPK di desa. Selain itu juga untuk membentuk sangsi lokal yang akan diberikan kepada mereka dilihat dari kolektibilitas 5 yaitu tunggakan yang lebih dari 6 kali angsuran di tingkat desa” Jelas Naning Sariningsih SH Ketua UPK Darangdan di sela-sela acara.

Kecamatan Darangdan merupakan salahsatu kecamatan yang mendapatkan PNPM Mandiri perdesaan di Kabupaten Purwakarta perkembangannya cukup signifikan, sehingga sebelumnya pernah dikunjungi Australian Independent Development (AID) untuk melihat hasil pembangunan sarana fisik dari dana PNPM Mandiri Perdesaan yang didampingi National Management Consultant (NMC). (Agus Supriadi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8