16-6-09 SITU EMBUNG, ADA APA ?


From : http//www.pwipwk.blogspot.com
Selasa,16 Juni 2009

Pembangunan Situ Embung Menambah Daftar Persoalan


PURWAKARTA- Proyek senilai 2,5 milyar dari bantuan anggaran APBD Propinsi Tahun 2007 yang kini telah selesai dilaksanakan menambah daptar persoalan karena konon keberadaan Situ Embung di Desa Ranca Darah Kec Pondok Salam, Purwakarta ini keberadaannya sudah keluar dari fungsi situ tersebut. menyusul bocornya sehingga tidak teraliriri kesawah dan ladang di daerah sekitar.

Pembangunanya dituding tidak profesionalnya pembangunan proyek situ tersebut. sehingga diduga tudingan itu berlasan karena situ tidak berfungsi, hal ini dikatakan sekjen LSM Team Operasional Penyelamatan Aset Negara (Topan RI) cabang Purwakarta Edi Mulyadi di dampingi bendaharanya Prilyanto, senin (15/6) dihadapan para wartawan.

Dikatakannya, pembangunan situ embung yang diketahui menghabiskan dana sekitar 2,5 milyar dari anggaran APBD Propinsi tahun 2007 ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah propinsi dalam menanggulangi kekeringan di wilayah Jawa Barat khususnya di Purwakarta. Namun dengan kondisi itu, ia melihat proyek yang seharusnya dimaksudkan untuk kepentingan masyarakat, malah dinilai mubajir.

“Kami menduga, proyek pembangunan ini tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB-red). Sebab tidak menutup kemungkinan dalam pengerjaannya juga terkesan tidak profesional, “Coba saja lihat, keberadaannya sudah keluar dari fungsinya. ditemukan keberadaan penampungan air itu sudah banyak yang bocor,”ucap Edi.

Ditambahkan Prilyanto, atas masalah tersebut pihaknya meminta Dinas terkait baik dari pemerinta Daerah maupun Provinsi melihat keberadaan Situ embung langsung. selain meminta proaktif dengan permasalah ini.

Karena pada bulan Juli mendatang tambahnya, diprediksi akan masuk musim kemarau sehingga akan menambah kesulitan masyarakat untuk mendapatkan air. Seraya menambahkan akan lebih parahnya lagi, para petani di daerah sekitar juga dipastikan tidak bisa menggarap lahannya. karena sulitnya mendapatkan air sebagai kebutuhan pertanian, Sebenarnya proyek ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat menanggulangi musim kemarau. Apalagi, bulan juli biasanya sudah memasuki musim kemarau kan dipastikan hal itu terjadi,”tandas Prilyanto. (Syaiful Jabrig)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8