19-6-09 * 8 KEC. BENTUK PENGURUS UPK

From : http//www.pwipwk.blogspot.com
Jum'at, 19 Juni 2009

dari PNPM Mandiri Perdesaan
Delapan Kecamatan Baru, Bentuk Pengurus UPK

Keteranga Foto : Kabid PM BKBPIA Purwakarta Drs Asep Suparman, memberikan penjelasan berkaitan dengan kepengurusan UPK dihadapan peserta seleksi di Kecamatan Kiarapedes. Agus/Madina)

PURWAKARTA- Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Kabupaten Purwakarta Tahun 2009 ini sebanyak delapan kecamatan baru mendapatkan program ini, diantaranya Kecamatan Campaka, Cibatu, Bungursari, Babakan Cikao, Pondoksalam, Kiarapedes, Bojong, dan Kecamatan Sukasari.

”karena delapan kecamatan ini baru mendapatkan program ini sehingga pembentukan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) disetiap kecamatan perlu segera dibentuk untuk kelancaran program ini” jelas Drs Asep Suparman Kabid Pemberdayaan Masyarakat Badan Keluarga Berencana Perlindungan Ibu dan Anak (BKBPIA) Purwakarta, saat seleksi untuk UPK di Kecamatan Kiarapedes, Senin pekan lalu.

Salahsatu penilaian yang paling penting, lanjut Asep, jiwa sosial yang rela berkorban untuk kepentingan orang lain. ”ini penting sebab dalam kegiatan ini bukan hanya masalah keuangan yang ada dalam fikirannya tapi bagaimana dirinya dapat mengaktualisasikan kemampuannya untuk kepentingan masyarakat sehingga program ini berhasil” terang Asep.

”jiwa berkorbannya harus dijadikan patokan sebab ini menjadi titik awal suksesnya pengelolaan PNPM. Sementara untuk kesejahteraan UPK itu sendiri tergantung pada pengelolaan dana itu sendiri” jelas Asep lagi.
Hal senada dikatakan Fasilitator Kabupaten (Faskab) Purwakarta,. Ir Jati Nuhanto, bagi UPK dalam hal kesejahteraannya awalnya memang minim. ”apabila dalam pengelolaannya bisa sukses maka hal itu bisa meningkat jadi tergantung pada pengelolaannya itu sendiri” jelas Jati.
Anggota Satuan Kerja (Satker) PNPM Mandiri Perdesaan Purwakarta, Suryana mengatakan, dari 17 kecamatan yang ada sebanyak 16 kecamatan telah mendapatkan program ini ditambah satu kecamatan yang hanya mendapatkan PNPM Mandiri Perkotaan yaitu Kecamatan Purwakarta. ”jadi untuk Kabupaten Purwakarta seluruhnya telah mendapatkan program ini dan mudah-mudahan dengan bergulirnya PNPM mandiri sampai Tahun 2009 ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan yang paling penting masyarakat dapat mandiri dalam meningkatkan kualitas hidupnya” jelas Suryana.

Dalam seleksi untuk UPK setiap kecamatan diambil tiga orang, masing-masing untuk Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Sementara syaratnya sendiri pendidikan minimil SMA dan sederajat, dikenal dan loyalitas di masyarakat dapat dipertanggungjawabkan. Sementara tesnya sendiri melalui wawancara, tulis, menguasai komputer (Word dan excel), serta test fasilitasi yaitu kemampuan dalam menjelaskan permasalahan dihadapan umum. (Agus Supriadi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8