26-6-09 PEMELIHARAAN SUNGAI DIPERTANYAKAN

From : http://www.pwipwk.blogspot.com
Jumat, 26 Juni 2009

PEMELIHARAAN SUNGAI DIPERTANYAKAN

PURWAKARTA-Perum Jasa Tirta II (PJT) sebagai institusi yang mempunyai kewenangan akan pemeliharaan itu dituding tidak maksimal melakukan pemeliharaan aliran sungai. Hal ini menjadi pertanyaan dari Badan Lingkungan Hidup Purwakarta atas pemeliharaan yang dilakukan selama ini terkait sejumlah aliran sungai di Purwakarta.

Hingga saat ini masih banyak Aliran sungai yang diduga tidak terpelihara sebagaimana mestinya. dari pantauan Badan Lingkungan Hidup Purwakarta sejumlah aliran sungai yang tidak terpelihara tersebut diantaranya seperti Sungai Cikao, Sungai Cimunjul, dan Sungai Ciherang. Hal ini dikatakan Kabid Informasi dan kemitraan Badan Lingkungan Hidup purwakarta, Ade Abu Hanifah,kepada Wartawan, Kamis (25/6).

Sehingga akibat hal itu tidak menutup kemungkinan bila aliran-aliran sungai tersebut sudah terjadi sedimentasi yang lebih parah karena, minimnya perawatan, “Hampir semua aliran sungai di Purwakarta yang bermuara ke Waduk Jatiluhur kondisinya tidak terpelihara. Bila dibiarkan, dikhawatirkan ini bisa mempengaruhi ekosistem mahluk hidup di aliran sungai. Selain itu akan menimbulkan sedimentasi yang lebih parah,”terangnya.

Untuk itu tambah Ade, adalah bijak bila pihak bersangkutan bisa lebih memperhatikan dan perhatian terhadap kondisi tersebut, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan sedemikian rupa dapat diminimalisir segera,” Selama ini belum ada kerjasama antara pihak PJT dengan pihak Pemkab untuk menggalang koordinasi kearah itu. Malah sebaliknya, pihak Pemkab yang justru lebih kooperatif melakukan pemeliharaan aliran sungai, meski pada dasarnya kewenangan pemeliharaan berada di pihak PJT,”kata Ade pula.

Sedangkan pihak Pemkab melalui Badan Lingkungan Hidup belum lama ini sudah melakukan proyek kali bersih menuju Purwakarta Berseka di sejumlah aliran sungai di Purwakarta. Atas dasar itu, lanjut Ade, kepada pihak PJT II dihimbau untuk segera melakukan koordinasi dengan pihak Pemkab dalam upaya melakukan pemeliharaan dan penyelamatan serta kebersihan sungai. “Mengingat kondisi ini sudah dibiarkan selama puluhan tahun pihak PJT sebaiknya segera kooperatif untuk mewujudkan peyelamatan dan kebersihan sungai. Kami khawatir bila ini dibiarkan akan membawa dampak yang lebih buruk dikemudian hari,"katanya.


Disinggung mengenai kemungkinan dugaan adanya pengendapan biaya pemeliharaan, Ade tidak berkomentar. “Saya tidak tahu apakah yang terjadi seperti itu, itu bukan kewenangan kami. Silahkan, tanya saja ke pihak PJT. Hanya saja, yang jadi permasalahan dalam hal minimnya pemeliharaan aliran sungai apakah karena PJT pura-pura tidak tahu atau bagaimana ?,”tanya dia.(Syaiful jabrig)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8