17-7-09 PELATIHAN UPK CAMPAKA

From : http://www.pwipwk.blogspot.com
jumat,17 Juli 2009

UPK Campaka Adakan Pelatihan KPMD dan PL

(Purwakarta, MADINA) : Dalam rangka meningkatkan kemampuan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dan Pendamping Lokal (PL) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Kabupaten Purwakarta Kecamatan Campaka mengadakan pelatihan.

”agar di lapangan nanti mereka ini betul-betul siap untuk melaksanakan tugasnya khususnya di desa yang telah mendapatkan program ini” terang Yeni Fasilitator Kecamatan Campaka, Minggu pekan lalu.

Kecamatan Campaka ini, lajut Yeni, sebanyak sepuluh desa dengan masing-masing desa mengirimkan kadernya dua orang dari KPMD dan PL-nya untuk berlatih bagaimana nanti di lapangan dalam melaksanakan tugasnya. ”diharapkan dengan adanya pelatihan ini mereka betul-betul melaksanakan kewajibannya sebagai kader pemberdayaan, mereka bisa menggali gagasan di lapangan sehingga desanya nanti kedepan lebih maju lagi” jelas Yeni.

Kecamatan Campaka merupakan salahsatu kecamatan penerima baru PNPM Mandiri Perdesaan, sehingga dalam pembinaannya perlu intensif. KPMD dan PL ini peranannya sangat besar di masyarakat, mereka ini harus peka terhadap keadaan sosial yang ada di lingkungannya.

Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari. Di Kabupaten Purwakarta sebanyak tiga kecamatan yang melaksanakan kegiatan ini secara serentak yaitu Kecamatan Campaka, Pondoksalam, dan Kecamatan Sukatani.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Tahun 2009 di Kabupaten Purwakarta dialokasikan dana mencapai Rp. 19,4 Milyar dengan cosharing dari Pemda Purwakarta sebesar Rp. 3,8 Milyar. Dana tersebut dialokasikan untuk 13 kecamatan yang sebelumnya hanya 8 kecamatan dari 17 kecamatan yang ada. Dan untuk Kabupaten Purwakarta sebagian kalangan menilai kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan ini meningkat sehingga terlihat dengan adanya penambahan kecamatan sebagai penerima manfaat. (as).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8