23-07-2009 SDN X DIDEMO ORANGTUA SISWA

From : http://www.pwipwk.blogspot.com
Kamis 23 Juli 2009

SDN X Di Demo Orangtua Siswa

Akibat menjual buku kepada sisiwa tanpa musyawarah dan persetujuan komite sekolah puluhan orang tua siswa SDN X Ciseureuh, Purwakarta malakukan demo kesekolah SDN X Ciseureuh, pada Selasa (21/7). Mereka memprotes sekaligus mempertanyakan kebijakan kepala sekolah yang menjual buku kepada para siswa yang disebut dilakukan tanpa musyawarah dengan komite sekolah, padahal di sekolah lain buku yang dijual tersebut dibagikan kepada siswanya.

dari Pantauan dilapangan, sejak pukul 08.00 WIB, puluhan orang tua siswa berdatangan ke SDN X Ciseureuh guna mempertanyakan kebijakan tersebut, dimana pihak sekolah menjual buku sebanyak 7 mata pelajaran seharga Rp 395 ribu kepada siswanya. Buku yang dijual kepada para siswa SDN X itu antara lain buku matematika IV harga Rp 30.400, Bahasa Indonesia untuk kelas IVA seharga Rp 30.500, Bahasa Inggris Rp 31.500, IPA kelas IV Rp 29.500, PAI Rp 44.700, seni budaya Rp 31.700, pendidikan lingkungan hidup Rp 23.600, dan delapan LKS dengan harga per item Rp 8.000. Sontak adanya penjualan buku mata pelajaran tersebut diprotes para orang tua murid yang mengaku tidak pernah diajak komunikasi sebelumnya.

“Sesuatu hal yang berhubungan dengan sekolah, apalagi menyangkut uang seharusnya lakukan dulu musyawarah dengan komite sekolah, buat apa dibentuk,” kata salah seorang wali orang tua siswa yang ikut dalam demo.

sementara itu Ketua Komite Sekolah SDN Ciseureuh Purwakarta, Antoe Abdullah, kebijakan sekolah terutama Kepsek SDN X Ciseureuh tersebut sebelumnya tidak dikomunikasikan dulu dengan komite. Ia mengatakan, Kepsek SDN X setiap mengeluarkan kebijakan selalu tanpa melibatkan komite sekolah padahal, di dalam aturan sistem kependidikan sekarang, komite sekolah itu memiliki peran penting dalam sistem kepengurusan sekolah “Selama ini Kepsek SDN X Ciseureuh selalu jalan sendiri saat akan mengeluarkan suatu kebijakan padahal di sekolah ini ada yang dinamakan komite sekolah,” katanya.

Sebelumnya, sepanjang tiga hari kebelakang para orang tua siswa SDN X Ciseureuh dilanda keresahan, terutama para ibu-ibu orang tua siswa mempergunjingkan surat edaran mengenai penjualan buku terhadap siswa. Bahkan, pada Sabtu (18/7) kemarin para orang tua terutama kalangan ibu-ibu yang selalu menunggui anaknya di sekolah nyaris berdemo guna mempertanyakan rencana pihak sekolah menjual buku kepada para siswa. Sedangkan buku-buku yang dijual itu di sekolah lain dipinjamankan kepada siswanya.

Keresahan para orang tua siswa SDN XI itu diawali dengan diterimanya surat edaran oleh para siswa mengenai buku-buku kebutuhan siswa yang berkualitas dapat dibeli di sebuah tempat penjualan voucher telefon seluluer di sekitar perumahan Dian Anyar, Purwakarta. Buku yang dicetak oleh sebuah penerbit tersebut ditawarkan dengan harga bervariasi.

Salah seorang orang tua siswa Sri Wahyuni (35), warga Sukamulya menuturkan sebenarnya para orang tua tidak keberatan membeli buku yang sudah mendapat persetujuan dari sekolah tapi hendaknya sebelum kebijakan itu dikeluarkan orang tua atau melalui komite sekolah diajak bicara.

Sementara, Wakil Ketua Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Purwakarta, H. Agus Marjuki dan H. Anang Abdul Rajak yang datang ke SDN X Ciseureuh mengatakan kedatangan Dewan Pendidikan Kabupaten Purwakarta ke sekolah ini atas undangan informasi dari orang tua siswa yang meminta DP untuk berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di SDN X Ciseureuh. H.Agus Marjuki membenarkan tidak ada aturan untuk sekolah dasar menjual bukunya kepada siswa apalagi SDN X Ciseureuh ini telah mendapatkan bantuan BOS sebesar Rp 311 juta.

Namun demikian, kata Agus, DP akan memberikan rekomendasi kepada Dinas Pendidikan Purwakarta untuk mengambil langkah guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi di SDN X Ciseureuh.

Sampai aksi demo berakhir, para orang tua yang tadinya mengharapkan dapat berdialog dengan Kepsek SDN X Ciseureuh urung dilaksanakan karena Kepsek SDN X Ciseureuh tidak berada di tempat. (Laela)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8