23-7-2009 NUANSA SUNDA DALAM HARI JADI

From : http://www.pwipwk.blogspot.com
Kamis 23 Juli 2009

Nuansa Sunda Kental dalam Prosesi Hari jadi

Purwakarta ****
Dalam rapat paripurna tahun ini nuansa sunda sangat mewarnai saat acara rapat paripurna istimewa peringatan Hari Jadi Purwakarta ke-178 itu digelar. Seluruh para pegawai dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta yang hadir pada acara itu pun mengenakan pakaian khas. Tak terkecuali begitupun para Anggota DPRD termasuk sejumlah tamu undangan seperti Kapolres Purwakarta, Kejari Purwakarta, dan anggota Muspida lainnya juga mengenakan pakaian yang sama Khas Sunda.

Selain itu dalam prosesi penyampaian pidato Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi juga disampaikan dengan bahasa Sunda. “Para pejabat dan tamu undangan yang hadir itu menggunakan pakaian khas Sunda, untuk menunjukan karakter Purwakarta saja,” kata Bupati Purwakarta.

Dikatakannya, karakter Sunda itu harus ditunjukan para pegawai dan pejabat di lingkungan Pemkab Purwakarta, karena Purwakarta merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang notabene bersuku Sunda.

Untuk lebih mengembalikan Purwakarta sebagai daerah Sunda, ia tengah membangun gapura bernuansa Sunda di dekat gedung Pemkab Purwakarta. Selain itu, ia juga berencana membangun gapura bernuansa Sunda di daerah perbatasan Purwakarta dengan daerah lain. “Gapura bernuansa Sunda itu juga rencananya akan dibangun di setiap perbatasan desa dan perbatasan kecamatan sekitar Purwakarta. Tujuannya, mengembalikan karakter Purwakarta,” katanya. Gapura yang tengah dibangun dan akan dibangun itu bentuknya seragam, yakni berbentuk kujang atau bunga melati yang terkesan sama dengan gapura yang ada pada zaman kerajaan Sunda. (Syaiful Jabrig)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8