3-7-09 HARAPAN KECAMATAN SUKASARI


From : http://www.pwipwk.blogspot.com
JUMAT, 3 JULI 2009

Harapan Kecamatan Terisolir Bisa Maju

Foto Sukasari (tampak (dari kanan) Nono Juhana AP Sekcam Sukasari, H Yayan Suryanto S Sos Msi Camat Sukasari, Drs Asep Suparman Kabid PM BKBPIA, Ir H Dedi Kusnadi Faskab, dan PJOK Sukasari dihadapan peserta MAD Sosialisasi. Agus/Madina)
(Purwakarta, MADINA) : Kabupaten Purwakarta merupakan salahsatu kabupaten yang menerima Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan dinilai cukup berhasil dalam pengelolaannya. Dari 17 kecamatan yang ada 16 diantaranya menerima PNPM Mandiri Perdesaan.

Diantara kecamatan yang ada, Kecamatan Sukasari merupakan salahsatu kecamatan yang letak geografisnya cukup terisolir yang berada diseberang danau terbesar di Indonesia yaitu Danau Jatiluhur untuk tahun 2009 ini menerima manfaat program ini.
”mudah-mudahan dengan adanya program ini Kecamatan Sukasari yang cukup terisolir dapat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya terutama masalah ekonomi yang ditunjang dengan sarana fisik yang memadai insya allah kedepan akan meningkat mengalami perubahan” terang Drs Asep Suparman Kabid Pemberdayaan Masyarakat (PMP) Badan Keluarga Berencana Perlindungan Ibu dan Anak (BKBPIA) Purwakarta, saat Musyawarah Antar Desa (MAD) dan Sosialisasi di Aula Desa Kutamanah Kecamatan Sukasari, Selasa pekan lalu.

Yang paling penting dalam program ini, lanjut Asep, koordinasi diantara pengelola, pelaksana lapangan dan masyarakat terus terjalin. ”saling komunikasi antara camat, PJOK, kepala desa, fasilitator, dan UPK harus terus dibangun, apabila ada permasalahan secepatnya diselesaikan jangan sampai berlarut” jelasnya.
”bagi masyarakat sebagai penerima manfaat khususnya Simpan Pinjam kelompok Perempuan (SPP) jangan hanya ingat pinjamnya saja tapi dalam pengembaliannya pun harus sadar karena dengan menyadari kewajibannya untuk mengembalikan pinjaman berarti telah peduli terhadap orang lain yang sama membutuhkan. Dan yang paling penting dalam program ini terbentuknya kemandirian di masyarakat setelah adanya program ini” harap Asep.

Fasilitator Kabupaten (Faskab) PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Purwakarta, Ir H Dedi Kusnadi menjelaskan, dengan adanya program ini tarap hidup masyarakat lebih meningkat menuju kemandirian. ”namun yang paling penting dengan adanya program ini perubahan pola pikir masyarakat ke arah yang lebih maju. Misalnya penggalian potensi Sumber Daya Alam yang ada, menurutnya itu biasa-biasa saja padahal kalau digali dengan pemikiran yang maju itu bisa meningkatkan pendapatan yang secara langsung dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat meningkat. Jadi faham terhadap dirinya dan faham terhadap potensi yang ada” jelas H Dedi.

Camat Kecamatan Sukasari H Yayan Suryanto, S Sos MSi mengungkapkan rasa sukur dengan diberikannya Kecamatan Sukasari program ini dan mudah-mudahan sukses sebagaimana harapan semuanya. ”diharapkan kepada pengurus maupun masyarakat Sukasari dengan adanya program ini dimanfaatkan semaksimal mungkin agar kedepan berkembang. Dan yang paling penting rasa memiliki program ini lebih ditanamkan selain itu dalam pelaksanaannya betul-betul menyentuh masyarakat yang memang membutuhkan sehingga tepat sasaran” harap Camat.

Ketua Forum Masyarakat (Forkomas) Sukasari yang juga Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) terpilih, Hambali MS SE mendukung PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Sukasari. ”kami atas nama masyarakat Sukasari mengucapkan terimakasih atas masuknya Kecamatan Sukasari sebagai salahsatu kecamatan penerima manfaat dan kami mendukung untuk mensukseskan prorgam ini sehingga kedepan masyarakat Kecamatan Sukasari dapat meningkat baik ekonominya maupun sarana pendukung lainnya” jelas Hambali.

Kecamatan Sukasari memiliki lima desa yang letak antara desa satu dengan yang lainnya cukup berjauhan dengan kondisi jalan cukup memprihatinkan. Kelima desa tersebut yaitu Desa Kertamanah, Kutamanah, Ciririp, Parung Banteng, dan Desa Sukasari. Sementara dana yang digulirkan untuk PNPM Mandiri Perdesaan di kecamatan ini sebesar Rp. 2 Milyar. (as).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8