3-7-09 PENGANGGURAN DIPREDIKSI MENINGKAT

From : http://www.pwipwk.blogspot.com
Jumat, 3 jULI 2009

Angka Pengangguran Purwakarta Tahun ini Di Prediksi Bertambah



PURWAKARTA -Seiring meningkatnya jumlah angkatan kerja baru, ditambah lagi banyaknya generasi baru yang lulus sekolah pada tahun ini. sehingga hal itu menimbulkan prediksi pertambahan dalam tingkatan angka pengangguran.Belum juga pulihnya perekonomian akibat krisis keuangan global bisa menjadi permasalahan lain, mengingat krisis tersebut akan menghambat pertumbuhan serta investasi terutama dalam membuka peluang lapangan kerja. Demikian diungkapkan ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Purwakarta, Agus Gunawan saat menanggapi angka pengangguran di Purwakarta, Kemarin.

“Maka jika melihat faktor ini, saya sendiri memprediksi angka pengangguran bisa bertambah. apalagi, angkatan kerja baru yang baru lulus sekolah mau tidak mau akan bersaing dengan para pekerja yang terkena PHK,"Ujarnya.

Semasa krisis keuangan global yang hingga saat ini belum pulih, telah berimbas pada kegiatan produksi perusahaan. di Purwakarta, terang Agus, sehingga akibat krisis itu, sejumlah perusahaan terpaksa melakukan pengurangan jumlah karyawannya karena perusahaan tidak mampu membiayai biaya produksinya. banyak diantara perusahaan yang akhirnya menyatakan pailit ataupun bangkrut.

Belum pulihnya krisis keuangan global, sambung dia ini pun merupakan faktor lain yang bisa menghambat para investor untuk membuka peluang lapangan kerja. apalagi, penyerapan tenaga kerja itu di prediksi hanya akan mampu menyerap sekitar 40 persen angkatan kerja baru dari jumlah lulusan tahun ini yang kurang lebih mencapai 8000 orang. ”Saya melihat, fenomena peningkatan angka pengangguran setelah lulus sekolah dipastikan akan terus bertambah. dan kondisi ini bisa berakibat peluang kerja setelah lulus sekolah akan semakin ketat,”Jelas Agus.

Hal senada juga sebelumnya, sempat diakui Kabid PLS Dispendik Purwakarta Panda Dinata. Menurutnya, meski secara pasti angka pengangguran itu belum bisa dipastikan akan bertambah, namun berdasarkan pengalaman tahun lalu jumlah pencari kerja siswa lulus sekolah di Purwakarta masih lebih tinggi dari pada mereka melanjutkan sekolahnya kejenjang perguruan tinggi. "Belum bisa diprediksi, namun jumlahnya akan didominasi oleh siswa lulus sekolah pencari kerja dari pada yang meneruskan ke perguruan tinggi. Siswa jenjang SMA/SMK-MA sendiri yang akan lulus saat ini jumlahnya mencapai 8000 an,”katanya.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut Agus mengatakan, disisi lain diakui atau tidak, bahwa perkembangan Dunia pendidikan saat ini cukup menunjukan keberhasilan. Ini ditandai dengan pesatnya pembangunan sekolah formal maupun non formal. Pembangunan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) hingga Perguruan Tinggi (PT) kini pun makin menunjukan jumlahnya.

Lembaga Pendidikan ini banyak melahirkan ribuan lulusan siswa mulai dari tingkat SD, SMP, SMU/SMK hingga ke PT. Ironisnya, kondisi ini tidak diimbangi dengan pertumbuhan dan perluasan lapangan kerja baru. maka yang terjadi adalah akumulasi pengangguran selalu bertambah dalam setiap tahunnya, menyusul lambatnya pertumbuhan lapangan kerja baru.

Dengan demikian melihat kondisi itu, Agus Gunawan yang juga anggota DPRD Purwakarta menyatakan, Satu-satunya cara penanggulangannya yaitu dengan memberikan perhatian penuh terhadap usaha-usaha mandiri. Artinya, pelaku usaha kecil menegah dan home industri harus perlu diberdayakan secara berkesinambungan. meski sektor ini, belum begitu terlalu mendapat perhatian terutama pada angkatan kerja itu sendiri. ”Ini juga yang perlu diperhatikan. Bukan hanya saja kita memberikan kelonggaran di dalam membuka peluang usaha. Namun para angkatan kerja ini pun harus diberikan pemahaman bagaimana mereka bisa serius menjalankan usahanya,”tukasnya. (Syaiful Jabrig)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8