3-7-09 SIAGA FLU BURUNG 8 KECAMATAN

From : http://www.pwipwk.blogspot.com
Jumat, 3 Juli 2009

Purwakarta Bentuk Siaga Flu Burung di 8 Kecamatan



PURWAKARTA -Guna mengantisipasi penyebaran wabah Flu Burung, Kabupaten Purwakarta yang merupakan wilayah ancaman penyakit ini membentuk desa siaga di delapan kecamatan. Pembentukan Desa tangkal Virus Avian Infuenza ini juga akan dibarengi dengan memberikan pelatihan terhadap para petugas di puskesmas-puskesmas dan dinas peternakan setempat. kedelapan Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Purwakarta, Cibatu, Jatiluhur, Sukatani, Darangdan, Bojong, Wanayasa dan Kiarapedes.

Ketua PMI Cabang Purwakarta, Hj. R.E. Gantina disela-sela pelatihan antisipasi penyebaran virus flu burung, di Hotel Intan Purwakarta selasa (1/7) kemarin kepada Wartawan mengatakan, pembentukan desa siaga ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman antisipasi wabah penyakit flu burung. Selain itu, Pelatihan yang rencananya akan dilaksanakan selama 5 hari, mulai tanggal 30 Juni sd 4 Juli 2009, hal itu dimaksudkan agar kedepannya saat muncul virus ini dapat segera diantisipasi.
”Penyakit ini memang belum muncul di Kabupaten Purwakarta, namun sebagai antisipasi perlu dilakukan. atau istilah lainnya, pencegahan terhadap penyakit itu jauh lebih baik dibandingkan tindakan pengobatan terhadap munculnya suatu penyakit,”Ujar Gantina
.
Menurutnya, meski ia tidak menjelaskan keterlibatan kecamatan lain di dalam pembentukan Desa Siaga. Namun kata Gantina, 8 kecamatan seperti Kecamatan Purwakarta, Cibatu, Jatiluhur, Sukatani, Darangdan, Bojong, Wanayasa dan Kiarapedes merupakan wilayah yang dinilai cukup rawan akan penyebaran penyakit ini. Bahkan dalam penyebaran penyakit ini, berawal dari virus influensa tipe A yang menyebar antar unggas. Virus ini pun bisa menyebar ke spesies lain seperti babi, kucing, anjing, harimau, manusia ataupun Burung liar dan unggas domestikasi (ternak). Selain virus ini dapat menular melalui udara ataupun kontak melalui makanan, minuman, dan sentuhan. "Oleh karena itu daging, telur, dan hewan harus dimasak dengan matang untuk menghindari penularan. Kebersihan diri juga perlu dijaga pdengan mencuci tangan dengan antiseptik. Meski dalam suhu tertentu virus ini akan mati,"katanya.

Pelaksanaan pelatihan ini mendapat bantuan dari CBAIC (Community Based Avian Influenza Control), ia pun menambahkan, dalam pelatihan itu nantinya sekaligus memberikan pemahaman kepada para petugas bagaimana memberikan pertolongan atau melakukan tindakan jika ditemukan ada warga ataupun hewan yang diduga terinfeksi flu burung. meski dalam penanganan medis maupun pemberian obat akan dilakukan oleh petugas medis yang berwenang, ”Pungkas Gantina,. (Laela)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8