3=7-09 AKSES JALAN PENUNJANG MAJUNYA WISATA


From : http://www.pwipwk.blogspot.com
JUMAT. 3 JULI 2009

Perjalanan Tim Satker PNPM Mandiri Perdesaan Purwakarta ke Sukasari

Akses Jalan Penunjang Majunya Wisata

Foto Jatiluhur (tampak tim Satker PNPM Mandiri Perdesaan Kab. Purwakarta saat melakukan MAD Sosialisasi di Kecamatan Sukasari. Tampak dibelakang tim hamparan air melimpah dari waduk Ir H Juanda yang menjadikan daya tarik wisata yang butuh kreatifitas bagi pengelolanya. Agus/Madina)

(Purwakarta, MADINA) : Dibalik kondisi geografis yang cukup terisolir, Kecamatan Sukasari memiliki daya tarik alamnya yang cukup mengagumkan. Dengan hamparan air Waduk Ir H Juanda Jatiluhur terlihat berjejer kolam jaring apung yang tersusun rapi yang merupakan kegiatan keseharian masyarakat setempat yang memanfaatkan airnya untuk membesarkan ikan air tawar.

Ini merupakan salahsatu potensi yang mesti menjadi perhatian disamping pontensi alam lainnya, terutama bagi pengelola Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan. ”ini salahsatu program yang akan menjadi perhatian disamping potensi lainnya yang memang dapat digali untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat” jelas Hambali MS SE Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Sukasari terpilih.
Akses jalan menuju Kecamatan Sukasari bisa melalui darat dan air. Keduanya sama-sama memiliki karakter berbeda, melalui air dengan menggunakan perahu mesin sambil melihat wisata airnya yang berjejer rapi kolam terapung Jatiluhur. Bisa juga melalui jalan darat dengan karakter jalan yang cukup menantang dengan tanjakan dan turunan yang cukup curam menjadikan pengendara kendaraan harus cekatan mengendalikan kemudinya.

Namun demikian dengan kondisi akses jalan yang sebagian besar masih rusak menjadikan Kecamatan Sukasari terisolir, padahal apabila akses jalan ini bisa dilalui dengan kendaraan yang cukup nyaman bukan tidak mungkin Kecamatan Sukasari menjadikan primadona Kabupaten Purwakarta sebagai tujuan wisata.

Saat tim Satuan Kerja (Satker) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Kabupaten Purwakarta menghadiri MAD Sosialisasi ke Kecamatan Sukasari diperjalanan terhambat akibat kondisi jalan yang kurang baik ditambah kendaraan operasional yang tidak mendukung sehingga kendaraan roda empat yang ditumpangi tim Satker PNPM Mandiri Perdesaan ini mogok ditengah perjalanan.

Sebagaimana program Bupati Purwakarta bahwa seluruh jalan yang ada di Purwakarta akan dilakukan pengerasan jalan bahkan hotmik. Untuk Kecamatan Sukasari ini mungkin sudah terproyeksikan akan dilakukan pengerasan jalan namun sampai saat ini jalan tersebut masih rusak. Selain masalah akses jalan, di wilayah ini juga walaupun adanya waduk Jatiluhur yang memiliki air yang cukup melimpah namun ironisnya masalah air bersih khususnya untuk kebutuhan sehari-hari masih rawan.

Ini mungkin sekilas gambaran kecil kondisi geografis Kecamatan Sukasari disamping letaknya cukup terisolir namun disamping itu memiliki daya tarik tersendiri dengan berbagai sumber kekayaan alamnya yang masih membutuhkan kreatifitas orang-orang yang mengelolanya. (as).
ot.com
Minggu, 28 Juni 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8