BUPATI PURWAKARTA MENINJAU LOKASI TEBANGAN

From : http://www.pwipwk.blogspot.com
2 September 2009

Rencana Tebangan Hutan Pasir Kuda, Resahkan Warga

Pasca peninjauan kelapangan bupati purwakarta H. Dedi Mulyadi, SH beserta Kepala Bidang Kehutanan Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan Kab. Purwakarta Ir. H. Rahmat melihat langsung rencana lokasi tebangan. Hutan tanaman jenis kayu maesofsis dan puspa yang terletak didesa Kiarapedes Kec. Kiarapedes petak 75 b resort pemangkuan hutan (RPH) Pondok Salam Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sadang Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwakarta, berada disisi jalan alternatif penghubung antara kec. Kiarapedes dengan kec. Wanayasa.

Dengan berbagai alasan dan pertimbangan serta rekomendasi dari pihak-pihak yang berkompeten, maka pengusulan tebangan oleh pihak Perum Perhutani disetujui Bupati Purwakarta yang langsung mengajukan izin tebang keDinas Kehutanan Provinsi Jabar. Dimana pohon-pohon yang akan ditebang, radius 10Meter dari tepi jalan dengan taksasi kayu sekitar 400M3 lebih.

Namun ironisnya warga masyarakat dua desa sekitar hutan, desa Kiarapedes dan Margaluyu, mengandalkan sumber mata air untuk kebutuhan hidup sehari-hari yang berada dihutan itu. Ditambah lagi sepanjang jalan terpampang papan nama yang dibuat dan dipasang oleh Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Kab. Purwakarta, bertuliskan "JAGALAH MATA AIR, SELAMATKAN ANAK CUCU dan JANGAN WARISI ANAK CUCU DENGAN AIR MATA, TAPI DENGAN MATA AIR."

Sedangkan diperkirakan kalau tebangan itu terjadi, mata air semakin berkurang. Seperti dikatakan salah seorang warga desa Kiarapedes kepada MC, "Sekarang saja air sudah menyusut setelah tebangan hutan sebelahnya, apalagi nanti kalau ini jadi ditebang. Mungkin saja mata air jadi kering, dan warga kekurangan air bersih!"

Ditempat terpisah, Ka. Bid. Kehutanan Distanhutbun Purwakarta, Ir. H. Rahmat ketika ditemui diruangan kantornya. Memberikan keterangan, "Tidak ada masalah, kepala desa, warga, tokoh masyarakat dan tokoh pemudanya sudah setuju. Walaupun simalakama, ditebang bagaimana tidak ditebang pun bagaimana?" ujarnya.<>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

Lintas Berita 8