29-5-09 ALOKASI DAK TIAP SEKOLAH BERBEDA





PURWAKARTA ( Jatiluhur Pos) Dana Alokasi Khusus (DAK) yang aka digulirkan di Purwakarta tahun ini tidak akan sama nilainya antara satu sekolah dengan sekolah lainnya seperti tahun kemarin, sebab saat ini anggraan untuk satu sekolah dasar yang mendapat DAK besarnya akan disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan sekolah tersebut.

Demikian dikaatakan kabid tata bangunan Dinas Ciptakarya Purwakartra Ir. Nurcahya Jumat (29/5) diruang kerjanyua ketika ditanya seputar perencanaan pembangunan dari dana DAK tahun ini yang sebentar lagi dimulai. Dikatakan, tidak sama besarnya dana tersebut itu saat ini karena akan disesuaikan degan kebutuhan yang ada “ kalau tahun kemarin semua SD sama mendapat alokasi dananya, sedangkan tahun ini akan disesuaikan deegan hasil perhitungan tata ruang.Sedangkan pembangunan tahun ini hanya akan dialokasikan untuk pembangunan kelas saja, sedangkan pada tahun kemarin ada yang dengan rumah dinas dan lain-lainnya.

Menyangkut desain atapnya masih tetap akan menggunakan system “ julang ngapak” yang mana desain bangunan ini merpakan cirri khas Purwakarta yang sudah dijadikan sebuah karakter baku untuk pembangunan sekolah sekolah. Sementara atapnya tidak lagi menggunakan genteng tapi menggunakan baja ringan.

Dilakukan demikian sebab, desain bangunan ini tidak ditentukan oleh pemberi DAK jadi desainnya diserahkan pada kabupaten masing masing sehingga untuk Purwakarta bakan menggunakan desain yang berlaku di Purwakarta.

Mengenai besaran patokan harga bahan banguna dan pekerjaan akan mengacu pada Peraturan Bupati purwakarta yang berlaku, sebab nilainya ditentukan oleh perbup “ untuk harga harga bahan bangynan dan besaran ongkos kerja sudah ditentukan dalam perbup,”katanya. Sedangkan menyangkut harga barang ditiap darerah yang berbeda dan angka demikian sudah dihitung dengan cermat sehingga nilainya sudah cukup untuk melaksankan pembangunan.

Sementara itu untuk proyek pembangunan sekolah di Kecamatan Sukasari yang berasal dari dana Alokasi Umum (DAK) tahun 2009 akan mendapatkan dana transportasi khusus yang akan dianggarkan langsung pada RAB (Rencana Anggaran Biaya ).Sebab transportasi ke kecamatan yang ada di ujung kulon kabupaten Purwakarta itu berbeda dengan di Kecamatann lainnya. “untuk transportasi ke kecamatan Sukasari itu sudah ada petunjuk di perbup,”katamnya. Dana tambahan transportasi tersebut akan terpisah dari harga bahan bangunan dan dana pekerjaan . (Endang Yusup)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8