UPK SE-KABUPATEN PURWAKARTA STUDI BANDING KE CIMERAK

Purwakarta - Dalam rangka Profesionalitas dan Akuntabilitas bagi pengelolaan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Perdesaan, UPK se-Kabupaten Purwakarta mengadakan studi banding ke UPK Kecamatan Cimerak Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Jum’at dan Sabtu pekan lalu.
Kecamatan Cimerak merupakan salahsatu kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis yang letaknya paling ujung kabupaten. “kecamatan ini merupakan kecamatan yang berbatasan dengan Australia setelah melewati laut selatan” terang Camat Kecamatan Cimerak Drs Sobar Sugema saat menerima kedatangan tim UPK Kabupaten Purwakarta di Aula kecamatan.
Keacamatan Cimerak, lanjut Sobar, terdiri dari sebelas desa dengan kondisi geografis yang cukup sulit untuk dijangkau dengan kendaraan apalagi kendaraan roda empat. “jarak Kecamatan Cimerak dengan Ibu Kota Kabupaten sekitar 140 Km. namun demikian UPK Kecamatan Cimerak merupakan salahsatu kecamatan yang cukup tangguh yang berdiri dan menerima PNPM Tahun 1998 dan dinilai cukup berhasil di Kabupaten Ciamis ini” jelas Sobar.
Lebih jauh Sobar Sugema menjelaskan, Kecamatan Cimerak merupakan daerah yang cukup jauh dari pusat pemerintahan dengan kondisi geografis yang cukup sulit dijangkau, dengan adanya PNPM sedikit banyak terbantu apalagi dengan adanya pembangunan infrastruktur sangat membantu. Selain itu dengan adanya Simpan Pinjam kelompok Perempuan (SPP) sangat membantu sekali perempuan di Kecamatan Cimerak diberdayakan dengan membentuk kelompok sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga karena selama ini di kecamatan ini kebanyakan perempuannya menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW).
Ketua Forum PNPM Mandiri Perdesaan yang juga pimpinan rombongan studi banding UPK se-Kabupaten Purwakarta, Aliyudin mengatakan, kita mengadakan studi banding dengan misi dan harapan profesionalitas dan akuntabilitas pengelolaan UPK. Selain itu ada 3 bidang yang menjadi bahan studi banding diantaranya jajaran UPK, Badan Pemeriksa (BP), dan BKAD. “pengelolaan UPK antara Kabupaten Purwakarta dengan Kecamatan Cimerak Kabupaten Ciamis secara teknis tidak akan jauh berbeda, namun demikian tidak menutup kemungkinan UPK Cimerak punya tekhnik tersendiri dalam pengelolaan keuangan UPK yang dilanjutkan dengan perkembangan pengelolaan kelompok“ jelas Aliyudin.
Ditempat terpisah Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat (PM) Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Ibu dan Anak (BKBPIA) Kebupaten Purwakarta Drs Asep Suparman mengatakan, kegiatan studi banding sangat penting dilakukan karena merupaka penyegaran untuk melihat bagaimana pengelolaan keuangan di UPK di kabupaten lain. “dengan studi banding bisa dilihat positif dan negatifnya pengelolaan di kabupaten lain, sehingga kita mendapatkan pelajaran dan yang positifnya dijadikan dasar dan acuan untuk lebih maju lagi” jelas Asep
Hal senada dikatakan anggota Satuan Kerja (Satker) PNPM Mandiri Perdesaan sekaligus pendamping studi banding, Suryana mengatakan, pengelolaan yang patut menjadi pelajaran di Kecamatan Cimerak untuk diterapkan di Kabupaten Purwakarta, “salahsatunya di Kabupaten Ciamis ini seluruh pengelola proaktif untuk mengatasi kemacetan dengan membentuk tim penagih, sementara di Kabupaten Purwakarta tim ini tidak terbentuk. Diakui masalah dana memang menjadi kendala dalam membentuk tim ini dan mudah-mudahan untuk Tahun 2009 ini dapat terbentuk” harap Suryana.
“Yang baiknya yang ada di UPK Cimerak kita sepakat untuk menerapkannya di Kabupaten Purwakarta dan diharapkan dapat dijadikan bahan dalam pengelolaan keuangan UPK sehingga kedepan lebih maju dan lebih sukses lagi” jelas Suryana.
Kegiatan studi banding ini diikuti delapan UPK seluruh pengurus terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. Setelah kegiatan studi banding dilakukan dan untuk menyegarkan fikiran kegiatan dilanjutkan dengan rekreasi ke Pantai Pangandaran dan selanjutnya kembali ke Kabupaten Purwakarta. (as).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8