17-7-09 DARI HARI JADI PURWAKARTA


From : http://www.pwipwk.blogspot.com
jumat,17 Juli 2009

Dari Hari Jadi Kabupaten Purwakarta ke-41 & Hari Jadi Purwakarta ke-178
Helaran Kesenian se-Jabar di Tampilkan


Foto(tampak dari kiri) Wabup Purwakarta Drs H Dudung B Supardi MM, Bupati H Dedi Mulyadi SH, Wagub Jabar Dede Yusup, Kadis Pariwisata Jabar, dan Kepala Bakorwil, pada Pembukaan Pameran Pembangunan Hari Jadi Kabupaten Purwakarta ke-41 & Hari Jadi Purwakarta ke-178, di Arena Situ Buleud. Agus/madina)


(Purwakarta, MADINA) : Rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Kabupaten Purwakarta ke-41 dan Hari jadi Purwakarta ke-178 (20 Juli 1831-20 Juli 2009) diawali dengan pembukaan oleh Gubernur Jawa Barat, Dede Yusup, Sabtu pekan lalu di Situ Buleud Purwakarta.

”kekayaan kebudayaan masing-masing kabupaten yang ada di Jawa Barat ini perlu untuk dilestarikan bukan hanya bagian dari jati diri tetapi juga bagian dari kekayaan kita. Oleh karenanya kedepan kita bersama-sama Kabupaten Purwakarta khususnya, umumnya Jawa Barat selain jalan-jalannya akan kita perbaiki juga gapura-gapura sebagai perbatasan kabupaten akan kita perbaiki” jelas Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusup, saat pembukaan HUT Kabupaten Purwakarta ke-41 dan Hari Jadi Purwakarta ke-178.

Pada pembukaan kegiatan tersebut ditampilkan berbagai kesenian dari berbagai kebupaten yang ada di Jawa Barat, karena sekaligus dalam rangka pekan kebudayaan Jawa Barat tahun 2009.

”untuk mempertahankan kesenian ini tentunya harus sering ditampilkan, setiap tiga bulan akan diadakan helaran kesenian agar seniman-seniman dari kampung-kampung adat berkesempatan untuk menunjukkan kebolehannya sekaligus juga untuk melestarikan kekayaan tradisional kita” terang Wagub.

Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH mengungkapkan, sebagai orang Jawa Barat kita perlu untuk melestarikan kebudayaan yang memiliki karakter karena ini yang menjadi ciri kita sebagai orang sunda. ”saat ini kita sudah lupa akan jati diri sebagai orang sunda oleh karenanya kita perlu untuk melastarikannya sehingga orang kenal kepada kita karena kita punya ciri tersendiri” jelas Bupati.

Selain seni yang menjadi ciri tersendiri, lanjutnya, juga gaya arsitektur pun perlu untuk dipertahankan. ”gaya arsitektur pembangunan di Purwakarta khsusunya akan kita bangun kembali, dan komitmen pembangunan kita komitmen berkesinambungan, komitmen warisan kepada anak cucu kita. Kalau orang dulu kita mewariskan kultur kebudayaan yang kuat dan kita bisa melihat hari ini jangan sampai kita seratus tahun kedepan kita tidak melahirkan apa-apa kecuali kepedihan dan kehancuran” harap Bupati.

Dalam rangkaian kegiatan menyambut Hari jadi Kabupaten Purwakarta ke-41 dan Hari Jadi Purwakarta ke-178 berbagai kegiatan dilakukan, mulai pengajian, helaran kesenian, perlombaan, kebersihan di lingkungan secara serentak, pameran pembangunan, wayang golek, sunatan masal, fashion show, lomba tembang kenangan, napak tilas dan diakhiri pada hari ini 20 Juli 2009 Sidang Paripurna. (as).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8