17-7-09 GALIAN C TANPA IJIN MARAK

From : http://www.pwipwk.blogspot.com
jumat,17 Juli 2009

Galian C tnpa ijin marak di Purwakarta

PURWAKARTA,-Diduga akibat kurang tanggapnya aparat kantor pertambangan KabupAten Purwakarta, mengakibatkan maraknya galian C tanpa ijin. Dampaknya, milyaran rupiah pendapatan asli daerah (PAD) dari sector pajak dan retibusi yang seharusnya masuk kedaerah,’menguap’.

Itu baru dari sisi pendapatan asli daerah, sementara untuk melestarikan fungsi dan tatanan lingkungan hidup agar bermanpaat bagi kehidupan manusia serta mahluk hidup lainnya perlu dilakukan pengendalian.

Namun karena aparat pertambangan kurang tanggap menyebabkan galian-galian C yang tidak berijin semakin marak dilakukan pengusaha-pengusaha yang nakal menggali kekayaan bumi tanpa menghindarkan dampak kerusakan yang ditimbukan dengan dalih menyerap tenaga kerja disekitar lingkungan .

Sebagaimana yang dilakukan pengusaha galian C, di Kecamatan Babakan Cikao, selama kurun waktu terakhir ini seenaknya mengeruk sumber daya alam tanpa melakukn kewajiban reklamasi. “Tak heran jika kondisi bekas galianya menciptakan tebing-tebing dan kubangan yang bisa saja membahayakan bagi warga setempat.

Keterangan lain yang berhasil dikumpulkan SKU Bandung Barat Pos menyebutkan, nakalnya dari para penggali adanya dukungan dari sejumlah oknum. Tidak saja dari tingkat desa namun ada pula dari tingkat Muspika atau Kabupaten. Oknum oknum tersebut bukannya tidak tahu adanya galian liar, tetapi mereka hanya cukup diberi salam tempel dan selanjutnya pura-pura tidak tahu,”kata Ahmad (38) kernet truk colt ketika bincang-bincang dengan Bandung Barat Pos diwarung tempat dia istirahat, belum lma ini. (lily)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Powered By Blogger

Jumlah Pengunjung Blog PWI Purwakarta

Apakah yang diperlukan anda dalam penampilan blog ini ?

Pengikut

BERITA PURWAKARTA TERKINI

Lintas Berita 8